Ujung Pensil dot Com > Blog > Buletin > Mengenal beragam jenis website

Mengenal beragam jenis website

  • by
JASA PEMBUATAN WEBSITE PERUSAHAAN

Sebelum membuat sebuah website, ada baiknya jika mengetahui atau mengenal beragam jenis website yang selama ini beredar di dunia internet. Jangan sampai nantinya ketika hendak membuat website justru pengunjung website malah gagal paham tentang jenis website yang kita miliki.

Yuk langsung saja kita simak apa saja sih beragam jenis website yang ada sekarang ini.

1. Website Coorporate atau website profil perusahaan.
Website jenis ini tentunya digunakan sebagai profil perusahaan semata. Fungsi utamanya adalah, agar pemilik website tidak perlu lagi mencetak company profile setiap kali melakukan perubahan data. Pengelola perusahaan cukup merubah data yang ada pada website tersebut dan penggunjung akan langsung paham mengenai profil perusahaan tersebut.

Website coorporare biasanya hanya berisi foto-foto perusahaan dengan berbagai macam kegiatan serta beragam jasa yang di jual pada perusahaan tersebut.

2. Website Toko Online.
Website jenis ini fungsinya sama seperti sebuah toko hanya saja dapat melakukan transaksi online. DIdalamnya terdapat banyak penawaran dan produk-produk yang dijual oleh toko tersebut

Saat ini website toko online merupakan yang paling banyak dipesan oleh pelanggan kami. Layaknya sebuah toko, website jenis ini dituntut untuk dapat meraih perhatian pelanggan agar nantinya melakukan transaksi pembelian di toko tersebut.

3. Blog.


Blog juga dapat dikatakan sebuah website, hanya saja tampilannya tidak tetap dan dapat berubah-ubah (dinamis) . Dalam sebuah blog biasanya diisi dengan catatan-catatan atau informasi yang ingin disampaikan oleh sang pemilik website atau penulis.

Pada generasi awal ketika internet mulai menjamur di Indonesia, ada dua platform blog yang bahkan sampai saat ini paling banyak digunakan oleh para blogger yaitu platform blogspot dan wordpress.

baca juga : “kenapa sih harus memiliki website?”


4. Market Place.
Market Place adalah sebuah website yang digunakan sebagai pusat jual beli online. Perbedaan market place dengan toko online adalah market place dibuat guna menampung siapa aja yang ingin berjualan di website tersebut.

OLX, Tokopedia, Bukalapak adalah beberapa contoh website market place yang ternama di Indonesia.

5. Website Portfolio.
Website portolio adalah sebuah website yang digunakan sebagai gallery hasil kerja sang pemilik website. Website jenis ini biasanya di pesan oleh freelancer atau pekerja profesional yang ingin memamerkan karya-karyanya.

Seorang fotografer dan desain grafis adalah profesi yang biasanya menggunakan website portfolio untuk menyimpan hasil kerja mereka. Website ini juga berfungsi sebagai media promosi agar terkesan lebih profesional.

6. Situs Jejaring Sosial
Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan website yang satu ini. Bahkan saking populernya biasanya situs jenis ini memiliki aplikasi sendiri yang dapat diunduh dan dipasang pada gadget penggunanya.

Facebook, twitter dan instagram adalah salah satu situs jejaring sosial yang populer saat ini.

6. Portal Berita.
Sesuai dengan namanya, website portal berita dibuat untuk memberikan berita dan informasi sehingga dapat diakses oleh khalayak umum. Situs portal berita yang paling terkenal di Indonesia adalah detik.com.