Ujung Pensil dot Com > Blog > Buletin > Bisnis online ditengah pandemi covid-19

Bisnis online ditengah pandemi covid-19

  • by

Belakangan ini pandemi corona sudah menyebabkan sektor perekonomian mengalami sedikit goncangan. Pemberitaan media dan berita hoax yang beredar di media masa menyebabkan kepanikan masal di beberapa kota-kota besar. Meskipun sudah banyak pasien yang sembuh dari virus ini, namun kepanikan nasional belum juga mereda.

Minat pasar yang lesu adalah dampak global dari mewabahnya virus corona. Beberapa usaha menengah banyak yang tersendat dan terpaksa gulung tikar, perusahaan raksasa yang biasanya mampu bertahan beberapa bulan karena memilki anggaran beku operasional/dana mati,turut melakukan PHK besar-besaran.

Dalam kondisi pembatasan kegiatan diluar rumah tentunya berdampak pada berkurangnya pengunjung ke tempat perbelanjaan atau pertokoan.

Namun siapa sangka ditengah pandemi korona dan goncangnya sektor perekonomian masih ada beberapa perusahaan yang seakan tidak terpengaruh akan kondisi tersebut. Meskipun kegiatan diluar sedang dibatasi, namun transaksi tetap berjalan normal.

Yup, kuncinya adalah memanfaatkan teknologi atau berjualan online. Lantas bisnis online apa saja yang masih bertahan ditengah pandemi covid 19. Simak selengkapnya berikut ini.

  1. Jual Pulsa dan Paket Internet
    Untuk usaha yang satu ini dapat dikatakan bisa berjalan meskipun tidak memiliki website. Transaksi pemesanan dilakukan melalui pesan whatsapp yang biasanya dipesan oleh mereka yang sudah mengenal dekat pihak penjual.

    Banyak cara yang bisa dilakukan sebagai strategi pemasaran bisnis ini yaitu dengan memanfaatkan market place seperti OLX, Tokopedia, Aplikasi Chat, bahkan media sosial.
  2. Jasa Desain Grafis
    Desain grafis saat ini memang pekerjaan yang paling keren, tentunya dari perkembangan teknologi yang semakin memudahkan dalam mengakses informasi. Di baliknya terdapat peranan pekerja desain grafis yang menghasilkan layout guna ditampilkan di Internet.

    Bayangkan saja jika sedang membuka website dengan tampilan tulisan saja tanpa adanya layout grafis, tentu akan membosankan bukan?

    Seorang desainer grafis tentunya membutuhkan website sebagai profile dan portofolio hasil pekerjaan. Beberapa contoh yang bisa dijual desainer grafis ditengah pandemi korona adalah membuat undangan online, kartu ucapan, jasa desain logo, desain tema website, desain kaos, melukis wajah digital, dan masih banyak lagi.
  3. Usaha Laundry
    Usaha laundry tidak harus memiliki sebuah website sebagai media promosi, namun biasanya pemilik laundry aktif memberikan promosi pada sosial media dan status whatsapp.

    Usaha laundry juga dapat memanfaatkan market place seperti OLX karena usaha ini sangat membutuhkan taging lokasi terdekat.
  4. Jasa Pembuatan Website
    Maraknya covid 19 membuat semua perusahaan berlomba-lomba mengalihkan usaha mereka menjadi bisnis online, disini tentunya membutuhkan jasa developer website yang mampu menyelesaikan sebuah website dengan cepat.

    Kami melayani jasa pembuatan website dengan cepat, bergaransi dan gratis uji coba 1 bulan.
  5. Jual perlengkapan dan kebutuhan bayi.
    Bisnis ini sangat dibutuhkan saat ini karena masih banyak kondisi orang tua yang tidak berani keluar rumah karena takut menularkan virus kepada sang bayi. Memiliki website untuk usaha jual perlengkapan bayi dapat menambah nilai jual dan kepercayaan pelanggan dalam transaksi online.

    Meskipun sudah menggunakan market place, namun alangkah lebih profesional jika katalog produk dirangkum dalam sebuah website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *